Satelit Telkom 3S adalah sahabat para pegiat animasi dan kreativitas digital di Indonesia

Mediacarta – Telkom Indonesia memberikan terobosan baru dalam dunia komunikasi dengan meluncurkan Telkom 3S yang merupakan satelit buatan (geostasioner) dengan tujuan memperkuat jaringan komunikasi di wilayah Indonesia. Upaya ini tentunya semakin menunjukkan bahwa Telkom Indonesia sangat memperhatikan pemerataan jaringan komunikasi sehingga masyarakat yang tinggal di perdesaan dapat memperoleh akses yang sama baiknya dengan masyarakat yang tinggal di perkotaan. Di sisi lain, peluncuran Telkom 3S juga harus menjadi pintu gerbang kemajuan industri kreatif di Indonesia. Mengutip berbagai sumber, peluncuran satelit Telkom 3S akan mulai menyuguhkan siaran televisi berkualitas tinggi (televisi definisi tinggi), sekaligus memperkuat layanan komunikasi GSM dan Internet.

Terpikir oleh saya Telkom 3S bisa menjadi sahabat para penggiat animasi dan kreatif digital di Indonesia. Pemikiran ini muncul karena para pegiat digital kreatif dan animasi akan diuntungkan dengan hadirnya satelit Telkom 3S. Saat ini sudah banyak pegiat kreatif digital dan animasi hasil karya anak muda Indonesia yang karyanya diapresiasi oleh masyarakat luas bahkan telah menorehkan hasil yang membanggakan di tingkat nasional maupun internasional.

Pernah nonton film animasi Suro y Boyo? Orang-orang di Surabaya atau daerah Jawa Timur mungkin sudah tidak asing lagi dengan video animasi Suro dan Boyo. Video ini bercerita tentang persahabatan Suro (Hiu) dan Boyo (Buaya) yang menyenangkan karena memasukkan aksen asli Suroboyo dan mengingat tema-tema dari kehidupan sehari-hari. Siapa sangka film animasi ini dibuat oleh Moh. Sholikin atau akrab disapa Cak Ikin, seorang kreator animasi Indonesia yang berhasil memadukan perkembangan teknologi dan ide kreatif menjadi sebuah karya yang menarik. Sejak dirilis melalui channel YouTube, film animasi tersebut telah disaksikan oleh lebih dari 100.000 penonton YouTube.

https://www.republikseo.web.id/tanya-veronika-asisten-virtual/

Vloggers adalah salah satu pegiat Creative Digital yang berhasil memanfaatkan kemajuan teknologi dan menggunakan YouTube sebagai media untuk menyalurkan ide-ide kreatif. Vlogger muda Indonesia selalu menghadirkan ide-ide kreatif dan informatif dalam karyanya. Berbagai topik diangkat oleh berbagai vlogger muda Indonesia seperti wisata, keseharian, komedi, tutorial, kesehatan, dll.

Raditya Dika merupakan vlogger Indonesia yang karyanya tidak hanya bisa dilihat di YouTube, tapi juga banyak muncul di film atau komedi di salah satu stasiun televisi nasional. Raditya Dika lebih banyak menghadirkan sisi kehidupan muda dan nuansa komedi. Bayu Skak juga merupakan seorang vlogger yang memiliki unsur komedi / humor dalam setiap karyanya. Tak hanya itu, ada juga vlogger cantik bernama Salshabilla dan Harumi Sudrajat yang lebih dikenal sebagai beauty vloggers karena memberikan informasi atau tutorial seputar dunia kecantikan kepada wanita.

Tentunya jumlah follower (subscriber) vloggers ini tentunya cukup tinggi, mencapai ratusan ribu follower juga. Ini menunjukkan bahwa animasi kreatif dan pegiat digital saat ini juga membutuhkan layanan yang membantu mempublikasikan karyanya dengan lebih baik.

Kartu Halo: https://www.lawnmowercornerca.com/cari-tahu-apa-itu-kartu-halo-kartu-langganan-dari-telkomsel/

Kenapa Telkom 3S Satellite berteman dengan para aktivis digital kreatif dan animasi di Indonesia

1. Penyediaan layanan definisi tinggi (HD)

Diketahui bahwa para pegiat digital kreatif seperti vlogger dan produser animasi selalu menampilkan karyanya dalam bentuk video atau film. Secara otomatis, agar karya yang dihasilkan bisa diapresiasi oleh penonton, diperlukan kualitas gambar dan suara yang bagus. Adanya layanan HD yang disediakan melalui satelit Telkom 3S menjadikan karya-karya yang dihasilkan oleh para pegiat dan animasi digital kreatif dapat disaksikan secara maksimal. Pembaca kompasiana dapat melakukan ilustrasi sederhana dimana kita menonton video / film dengan kualitas rendah, aspek visual menjadi tidak jelas, suara terkesan tidak jernih atau bahkan antara gambar dan suara tidak sinkron.

Tentunya perasaan ingin melihat berkurang atau anda menoleh meski hanya beberapa menit karena ada perasaan kecewa. Saya yakin Satelit Telkom 3S memberikan jaminan kualitas HD untuk video / film yang ditayangkan kepada siapapun yang menontonnya.

2. Memberikan pendapatan lebih bagi penggiat animasi dan kreasi digital

Kita sudah tahu bahwa industri digital saat ini bukan hanya sekedar saluran hobi, tapi juga mata pencaharian yang menjanjikan. Banyaknya pengikut atau penonton dari video / film yang dihasilkan dapat menarik pihak lain untuk memasang iklan, mendukung atau menjadi sarana promosi bagi yang membutuhkan. Semakin banyak pengikut atau video yang mereka tonton akan mempengaruhi jumlah pembayaran yang diterima vlogger atau produser animasi. Hal ini sering dilakukan oleh artis atau public figure mengingat memiliki follower yang banyak dan dapat dengan mudah mempromosikan produk / jasa kepada followernya. Tak heran jika vlogger bisa mendapatkan penghasilan jutaan bahkan puluhan juta untuk setiap promosi atau iklan yang datang melalui video / film yang mereka buat.

3. Cakupan jaringan Telkom 3S yang luas membuka banyak peluang

Telkom mengatakan peluncuran satelit Telkom 3S merupakan bagian dari eksplorasi luar angkasa yang bertujuan untuk memperluas jaringan komunikasi di wilayah Indonesia. Dengan visi tersebut diharapkan masyarakat di pelosok tanah air dapat memperoleh jaringan yang kuat untuk memfasilitasi akses komunikasi dan interaksi.

Adanya tujuan ini seperti membuka link bagi para pegiat kreatif digital dan animasi khususnya dari daerah untuk mempresentasikan karyanya secara nasional dan internasional. Saat ini, banyak calon kreator muda dari pelosok Indonesia yang memiliki ide dan pekerjaan bagus, namun terkendala masalah akses. Kesulitan seperti minimnya jaringan untuk mempublikasikan pekerjaan atau mencari informasi untuk meningkatkan skill mereka di dunia kreasi digital membuat skill mereka tersembunyi.

Kehadiran Telkom 3S dapat menjadi teman bagi para kreator muda di daerah untuk menunjukkan kemampuannya dan memajukan industri kreatif agar lebih optimal. Di sisi lain, penggiat animasi dan digital kreatif yang ada juga dapat meningkatkan jumlah pengikut karena masyarakat di daerah terpencil yang memiliki akses terbatas kini dapat menikmati karya mereka.

4. Jalin interaksi positif melalui Hobby Forum.

Adanya layanan internet yang baik dapat menjadi ruang dimana orang yang memiliki hobi atau minat yang sama dapat bertukar pikiran, berkomunikasi atau mempresentasikan karyanya melalui forum hobi. Di sini, para pegiat digital kreatif dan animasi lebih mudah berinteraksi secara digital dengan orang lain meskipun mereka berada di tempat yang berbeda untuk berinteraksi. Sepertinya mereka memiliki teman baru yang mengerti dan mengerti apa yang mereka inginkan dan lakukan.

Saya yakin dengan space roaming yang dilakukan Telkom Indonesia melalui Satelit 3S dapat membantu memperkuat industri kreatif khususnya di bidang digital dan animasi tanah air. Jika negara-negara Barat punya Walt Disney, Malaysia punya serial animasi Upin Ipin dan Jepang punya serial film animasi, maka dalam 5 tahun lagi Indonesia punya karya video / film animasi yang diakui masyarakat Indonesia pula. Jika itu terjadi, tentunya kesuksesan ini tidak lepas dari dukungan Telkom Indonesia.

Baca Juga http://www.michellehatchermedia.com/merubah-ekonomi-masyarakat-3t-dengan-satelit-telkom-anyar/

mediacarta

Kembali ke atas