Rahasia Dropship Yang Pemula Harus Tahu

Mediacarta –¬†Anda pasti sudah tidak asing lagi dengan istilah dropshipping, hampir mirip dengan resale dimana dropshipping juga menjual produk dari supplier aslinya. Untuk perbedaan cara kerja keduanya, Anda bisa membaca artikel berikut ini. Baru-baru ini, dropshipping menjadi hit di dunia e-commerce dalam beberapa tahun terakhir. Dropshipping mungkin menjadi alternatif untuk mendapatkan penghasilan tambahan, tetapi sangat sulit untuk memasuki dunia ini sebagai pemula karena persaingan yang ketat. Mungkin sulit untuk membuat produk Anda menonjol dari yang lain, tetapi jangan berkecil hati! Berdasarkan pengalaman banyak orang, Anda tahu bahwa dropshipping bisa menarik banyak wirausahawan baru karena model bisnisnya yang lebih mudah daripada yang lain. Sebenarnya pernyataan tersebut tidak sepenuhnya benar. Hanya karena Anda tidak memproduksi sendiri produknya bukan berarti Anda tidak memperlakukan bisnis dropshipping seperti bisnis penuh seperti bisnis lainnya, walaupun dropshipping juga harus diperlakukan dengan baik agar bisa berkembang. Jika Anda seorang Dropshipper pemula, berikut adalah tiga rahasia dropshipping ala konsultan internet marketing yang penting untuk diketahui.

1. Pelajarilah peserta secara mendalam

Semua bisnis harus memiliki pemahaman menyeluruh tentang persaingan mereka, termasuk dropshipping. Salah satu hal yang membedakan suatu produk dengan produk lainnya adalah pemasaran. Ada kemungkinan besar bahwa pesaing lain menjual produk yang sama persis dengan yang Anda jual, bahkan ke pemasok yang sama. Ini adalah kejadian umum di dunia dropshipping. Oleh karena itu sangat penting bagaimana Anda memasarkan produk Anda.

Lihatlah situasi kompetitif saat ini. Bagaimana produk lain dipasarkan? Berapa harga mereka? Lakukan riset pada platform e-commerce seperti Shopee agar Anda bisa mendapatkan gambaran yang lengkap. Setelah Anda memahami persaingan, Anda dapat dengan percaya diri memilih produk mana yang akan dipilih sebagai produk dropshipping, dan Anda juga dapat memahami cara membuat produk Anda menonjol dari keramaian. Anda dapat menerapkannya dengan menawarkan harga yang lebih rendah, hadiah tambahan, atau dengan menambahkan sesuatu yang berguna, seperti video tutorial yang dibuat dengan baik untuk produk tersebut. Tujuan Anda adalah untuk memastikan bahwa konsumen lebih menyukai produk Anda daripada produk lain karena Anda menawarkan sesuatu yang tidak ditawarkan pesaing Anda.

2. Pastikan Anda menemukan pemasok yang baik

Pemasok yang baik dapat membuat perbedaan besar pada operasi dropshipping Anda. Jangan hanya memperhatikan biaya saat mencari pemasok untuk produk Anda. Tentu saja, keuntungan adalah hal terpenting bagi semua Dropshippers. Hal pertama yang dapat Anda lakukan adalah mengidentifikasi mereka (pemasok). Apakah mereka bersedia dan mampu mendukung pertumbuhan Anda jika tumbuh dengan cepat? Atau apakah mereka akan ketinggalan dalam produksi atau bahkan tanpa produk jika Anda menjual terlalu banyak produk mereka? Pastikan Anda menetapkan ekspektasi yang jelas terkait kapasitas produksinya. Selain itu, pastikan Anda mengecek dulu kualitas produk dari pemasoknya. Cobalah untuk memesan produk seperti yang Anda lakukan jika Anda adalah pelanggan pesanan langsung. Catat semua hal mendasar seperti pengiriman produk, pengemasan, dan kualitas produk. Cobalah untuk menggunakan produk seperti yang Anda lakukan jika Anda adalah pelanggan. Apakah kualitas produk akan hilang setelah satu atau tiga kali penggunaan? Bersikaplah gesit dan detail dalam pendekatan Anda, dan tetap skeptis sampai semuanya terpenuhi. Hal-hal ini perlu dilakukan sebelum Anda menerima produk dari pemasok, karena pelanggan Anda cenderung memberikan umpan balik negatif dan kebingungan yang mungkin terjadi pada Anda sejak awal.

3. Lakukan uji pasar terlebih dahulu

Setelah Anda memiliki pemasok dan produk untuk pengiriman, Anda tidak boleh menginvestasikan jutaan rupee di muka sebelum menyelesaikan “masa percobaan” untuk memastikan pasar sesuai. Pertama-tama, Anda perlu memastikan bahwa orang-orang menyukai produk tersebut dan memiliki kualitas terbaik. Banyak Dropshippers bersemangat setelah menemukan produk dan pemasok dan berpikir bahwa yang terbaik adalah memesan di muka dalam jumlah besar karena ada diskon besar, yang sangat berisiko dan harus dipertimbangkan dengan cermat sebelumnya. Uji terlebih dahulu untuk mengurangi risiko Anda. Setelah pengujian berhasil, Anda dapat melanjutkan dengan memesan produk secara massal.

Metode dropshipping yang lebih mudah adalah menunggu pesanan sampai pelanggan memesan melalui Anda, dan kemudian produk dikirim melalui pemasok. Hal ini dapat membuat Anda merasa lebih mengontrol penyimpanan inventaris di garasi Anda. Lagi pula, yang terbaik adalah melakukan outsourcing dan mendistribusikan pengiriman, terutama jika Anda mulai menjual iklan dan produk dengan cepat.

Beberapa situs berbagi cerita horor yang terkait dengan dropshipping yang biasa dialami pemula, seperti pelanggan yang marah (jika produk tidak berfungsi atau tidak berfungsi seperti yang diiklankan), penundaan pengiriman yang besar, dan masalah dengan beberapa mitra bisnis. Selain itu, pastikan Anda menguji pemasok Anda dengan memesan dengan cara yang sama seperti untuk pelanggan, dan kemudian mencoba mengirimkannya kepada Anda atau mitra bisnis Anda. Berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk mengirim dan sampai? Apakah ada masalah dengan konfirmasi atau nomor pelacakan? Hal-hal kecil ini dapat membantu Anda membuat rencana ke depan agar tidak mengalami masalah yang tidak terduga. Catat detailnya dan rahasiakan setelah Anda menjadi Dropshipper berpengalaman. Lakukan analisis persaingan, lihat dan mulai dari yang kecil, terutama jika Anda memperluas inventaris produk Anda. Hal-hal tersebut akan selalu membantu Anda menjadi Dropshipper yang andal.

Semoga pelatihan pembicara internet marketing di atas dapat bermanfaat bagi bisnis Anda di masa pasca pandemi ya! Jika Anda memiliki pertanyaan tentang bisnis Anda, silakan tinggalkan komentar di bawah. Untuk mempelajari lebih lanjut, Anda dapat mendaftar di situs web ACE Commerce acecommerce.org dan Anda juga dapat mengikuti kursus online di situs web di mana terdapat berbagai wawasan baru tentang bisnis.

mediacarta

Kembali ke atas