Manfaat Semangka Untuk Pria

Mediacarta – Semangka merupakan buah yang sering dipilih untuk melepas dahaga dan menyegarkan tubuh, terutama saat cuaca sedang panas. Tidak hanya menghidrasi tubuh, ternyata ada banyak manfaat semangka lainnya, bahkan khusus untuk pria. Manfaat ini berasal dari kandungan berbagai vitamin, mineral, dan senyawa antioksidan yang menghasilkan banyak manfaat bagi pria. Salah satunya bahkan bisa membantu mengatasi impotensi. Yuk pelajari lebih jauh tentang manfaat semangka untuk pria.

Manfaat buah semangka untuk pria

Manfaat buah semangka bagi pria berasal dari fitonutriennya, seperti likopen dan citrulline. Berikut perbedaan manfaat kandungan semangka.

1. Mengurangi risiko kanker prostat

Likopen merupakan senyawa antioksidan yang dapat mengusir radikal bebas. Salah satu manfaat semangka untuk pria yang bisa Anda peroleh dari senyawa antioksidan ini adalah perlindungan terhadap kanker prostat. Selain semangka, likopen juga bisa Anda temukan pada buah dan sayuran merah lainnya, seperti tomat, stroberi, dan paprika.

2. Membantu mengatasi impotensi

Impotensi atau disfungsi ereksi bisa menjadi kejadian yang menakutkan bagi para pria. Tampaknya salah satu manfaat semangka adalah mampu mengatasi disfungsi ereksi ringan hingga sedang. Kandungan citrulline alami pada buah semangka dapat meningkatkan aliran darah sehingga dapat membantu penderita impotensi untuk mendapatkan ereksi yang lebih baik. Selain itu, semangka dapat meningkatkan kadar oksida nitrat yang dapat melebarkan pembuluh darah. Berkat kombinasi manfaat nutrisi tersebut, semangka bahkan diklaim bisa menjadi pengganti obat ampuh tanpa efek samping yang berbahaya bagi kesehatan.

3. Meredakan nyeri otot

Jika Anda suka berolahraga, buah semangka juga bisa memberikan manfaat ekstra untuk pemulihan tubuh Anda. Pasalnya semangka sangat baik untuk meredakan nyeri otot. Tak hanya itu, bahkan telah dibuktikan secara ilmiah bahwa jus semangka membuat detak jantung Anda lebih cepat pulih dibandingkan jenis minuman lainnya.

4. Meningkatkan daya tahan tubuh

Menurut sebuah penelitian tabung reaksi, kandungan citrulline dalam semangka dapat meningkatkan daya tahan dan daya tahan tubuh. Meski hasilnya positif, penyelidikan lebih lanjut diperlukan untuk membuktikan penerapan manfaat ini. Namun, tidak ada salahnya jika Anda ingin mencoba manfaat semangka untuk pria ini karena tidak ada efek sampingnya. Anda bisa mengonsumsi semangka saat berolahraga atau melakukan kerja keras lainnya.

Selain manfaat semangka untuk pria, kandungan vitamin A, B1, B6, B12, C, serta berbagai mineral dan fitonutrien dalam buah ini juga menawarkan banyak manfaat kesehatan lainnya.

5. Mengurangi resiko kanker

Likopen merupakan sumber manfaat buah semangka, karena senyawa ini juga dapat melindungi tubuh dari risiko berbagai jenis kanker. Secara khusus, ini menurunkan risiko kanker yang berhubungan dengan pencernaan. Selain itu, kandungan cucurbitacin E pada semangka telah terbukti bermanfaat untuk menghambat pertumbuhan tanaman.

6. Meningkatkan kesehatan jantung

Kandungan likopen dan citrulline dalam semangka juga bermanfaat untuk meningkatkan kesehatan jantung. Alasannya adalah senyawa likopen memiliki sifat:

  • Menurunkan Tingkat Kolesterol
  • Darah rendah
  • Mencegah kerusakan oksidatif pada kolesterol
  • Mengurangi ketegangan dan ketebalan dinding arteri.

Selain itu, citrulline dalam semangka juga dapat meningkatkan kadar oksida nitrat, yang melebarkan pembuluh darah dan harga dr laser.

7. Meredakan peradangan

Kandungan likopen pada buah semangka terbukti secara ilmiah dapat mengurangi peradangan. Selain itu, kombinasi likopen dan vitamin C sebagai antioksidan juga dapat meningkatkan kadar antioksidan dalam tubuh.

8. Pengurangan stres oksidatif

Kandungan antioksidan dalam semangka dapat membantu mengurangi stres oksidatif. Peningkatan radikal bebas yang menyebabkan stres oksidatif dapat menyebabkan berbagai penyakit berbahaya. Dengan mengkonsumsi buah semangka, anda dapat mengurangi resiko berbagai penyakit seperti diabetes, aterosklerosis, degenerasi makula, alzheimer, parkinson dan lain-lain.

9. Menutrisi kulit dan rambut

Vitamin C dalam semangka bermanfaat untuk membantu produksi kolagen. Protein ini sangat berguna dalam menjaga kekuatan dan elastisitas kulit sekaligus membuat rambut menjadi kuat. Di sisi lain, vitamin A pada buah semangka berperan dalam pembentukan dan perbaikan sel kulit agar tetap sehat dan kuat.

mediacarta

Kembali ke atas