Kekurangan dan Kelebihan Kain Fleece

http://mediacarta.org/

Material fleece sangat mudah dikenali jika kita mengetahui apa saja propertinya. Ada beberapa ulasan untuk mengenali materi ini:

  • Bagian luar bulu domba ini sangat lembut tetapi sedikit berbulu.
  • Bagian luar dari bahan fleece akan terasa sangat hangat saat disentuh.
  • Mampu menyerap panas dengan baik.
  • Mampu menyerap air dengan baik.
  • Mampu menyerap keringat dengan baik.
  • Mampu meningkatkan sirkulasi udara.
  • Bulu tidak mudah ditarik.
  • Bahan bulu domba yang mudah terbakar.
  • Bulu cenderung menghasilkan lebih banyak listrik statis dibandingkan bahan lainnya.
  • Memiliki sifat elastis.

Seperti material lain dari dunia tekstil dan aliran, material fleece ini memiliki banyak keunggulan. Beberapa manfaat bulu domba untuk buat jersey futsal adalah sebagai berikut:

1. Harganya relatif murah

Ini adalah keuntungan dari bahan fleece pertama, yaitu harganya yang relatif murah. Tentunya dengan harga yang relatif murah ini memungkinkan fleece untuk dimiliki oleh siapa saja yang menginginkannya, termasuk Anda.

2. Cepat kering

Setelah jadi, bahan ini, dimanapun Anda mengeringkannya, bisa cepat kering. Berkat kelebihan dari bahan fleece ini, bahan tersebut cocok digunakan di daerah pegunungan yang udaranya lembab dan sering turun hujan. Walaupun bahan fleece ini dipakai dalam kondisi lembab, namun dapat memberikan rasa hangat karena menjalankan perannya dengan baik sebagai penyekat tubuh.

3. Memungkinkan sirkulasi udara

Bahan bulu memiliki daya tahan yang baik. Agar dapat mengedarkan udara selama digunakan. Pasalnya, bahan ini memiliki serat yang berpola sedemikian rupa sehingga selain terasa hangat menyenangkan, tidak akan membuat Anda gerah.

4. Teksturnya halus

Bahan fleece ini memiliki tekstur yang halus, sehingga saat dikenakan orang yang menggunakannya akan merasa nyaman tanpa perlu khawatir akan gatal atau iritasi kulit.

5. Ini elastis

Sifat elastis dari bulu domba memungkinkan lipatan mudah, meskipun memiliki jaket tebal. Lalu, jika suatu saat berat badan Anda bertambah, sifat elastis dari bahan fleece ini juga memungkinkan penggunaannya.

6. Tahan lama dan tahan lama

Khusus untuk bahan cotton fleece memiliki kelebihan. Diantaranya awet dan tahan lama. Tingkat kelembutan juga cenderung meningkat seiring dengan lama pemakaian.

Kekurangannya:

1. Tidak tahan angin

Hambatan angin merupakan salah satu kelemahan bulu domba. Kelemahan ini terjadi karena bahan fleece merupakan bahan yang dibiarkan “meregang” sehingga angin mudah masuk dan keluar.

Meski demikian, bahan fleece ini tetap mampu memberikan rasa hangat pada pemakainya, berkat adanya lapisan rambut di bagian dalam.

2. Sedikit terkena debu dan mudah menarik rambut

Bulu domba telah terbukti memiliki kelemahan unik lainnya, yaitu mudah terkena debu dan mudah mencabut rambut. Ini karena bulu domba bagian luar memiliki rambut serta bagian dalam. Rambut-rambut ini menyebabkan debu mendarat, tersangkut, dan menarik kembali. Oleh karena itu, jika Anda menggunakan bahan fleece ini, berhati-hatilah agar pakaian tetap bersih dan rambut tidak tertarik. Jika menyangkut masalah rambut, rambut panjang mungkin lebih berpotensi, sedangkan rambut pendek tidak terlalu besar.

3. Proses pencucian cukup mengganggu

Ingatlah bahwa bahan fleece ini merupakan bahan yang harus kamu rawat dengan baik agar awet. Salah satu caranya adalah tidak mencucinya dengan pewangi atau pemutih. Mengapa? Karena kedua hal tersebut dapat mengganggu kemampuan bulu domba dalam menyerap air. Bolehkah mencuci bahan ini di mesin cuci? Bisa. Anda dapat melakukannya dengan catatan, setel mesin ke suhu terendah dan putaran paling mulus. Juga, pastikan untuk membalikkan bahan sehingga bagian dalam berada di luar dan bagian luar berada di dalam. Anda harus melakukan ini untuk mencegah kerusakan material.

4. Kurang cocok untuk suhu ekstrim

Meski bahan fleece memiliki kemampuan menghangatkan tubuh, namun tetap tidak cocok digunakan di area yang suhunya mencapai, misalnya minus derajat celcius. Gunakan hanya wol saja.

5. Sisi luar mudah terkelupas

Dan itu juga kekurangan bahan fleece. Dengan kata lain selain mudah terkena debu, juga mudah kotor, bagian luar dari fleece juga mudah terkelupas, sehingga harus berhati-hati saat menggunakannya. Pengelupasan jenis ini akan berlangsung perlahan, meski Anda tidak mencucinya.

6. Dari segi warna dan fleksibilitas

Sedangkan untuk warnanya, meski bahan fleece ini dibekali dengan warna yang bagus, tetap saja melemah saat dicuci. Seperti yang disebutkan di atas, bahan ini bersifat elastis, tetapi ini juga kerugiannya karena bahan fleece ini benar-benar mengembang seiring waktu.

mediacarta

Kembali ke atas